Sabtu, 25 September 2010

Pernah Kendhang...

Siapa yang tahu arti ‘Kendhang’ ? Bagi rakyat Jawa kayaknya tahu deh arti kata ini. Nyesek tiap kali denger kata ini. Arti sebeneranya itu ‘Hanyut’ / ‘Tenggelam’ / ‘ Khintir’. Tahu kan? Ya begitulah, aku punya pengalaman maut pas pulang kampung ke Jawa Tengah. Mesti tiap kali ke sana, selalu aja diingetkan sama saudara-saudara, pakdhe, budhe, bulhik, paklhik, keponakan, embah dll. Udah ah......g mau bahas, kebanyakan sanak saudara ya kayak gini, sampai nggak hafal semuanya. Iya kalau tahu semuanya, masalahnya yang sering pulang kampung itu yang hidup di Jawa. Aku punya saudara dari Papua, Maluku, NTT dll, semua tersebar dari ujung Indonesia ke ujungnya lagi Indonesia lagi...(hmmm, bingung y?) Maklum, bapakku anak ke-9 dari 12 bersaudara. Jadi monggo..bisa aja dibayangkan berapa saudara dan keponakan yang aku punya. Bahkan aku sudah dipanggil tante-tante sama keponakan yang umurnya sama.....risih banget dah!! Kan mending kalau dipanggil ‘mbak’ nah ini sudah kayak tante-tante aja aku T_T.





(itu sungainya.....)



Udah ah....balik lagi ke soal kendhang.... Ngerasa tua banget ngomong soal kebanyakan saudara segunung ==’.....Oh ya, soal TKP-nya alias sungai legendarisnya ada persis di depan rumah...Cuma 2,5 meter dah nyampe. Kalau mau bertandang ke rumah di Kebumen, monggo mampir. Banyak bebek berjalan di hamparan sawah sehektar-hektar. Depan sudah ada perbukitan and asoy-nya lagi. Pas malem kagak ada listriknya man!! Hehehe.......maksduku sih jalan rayanya yang dari tahun alib sampai sekarang, tahun 2010...yang udah modern kayak gimana tetep aja.....kagak ada lampunya cuy. Jadi kalau mau ke mana-mana musti bawa senter pribadi. Ke warung, ke mana-mana musti bawa senter lah pada intinya. Atau Anda mau sekalian dicolek-colek makhluk nggak jelas dari belakang, sambil ngatain.......”Bang, godain ekeh dong!!!” Kok??????? Lupakan.......maklum saya agak ngelantur pas nulis ini. Mbak lagi wakuncar sama pacarnya di ruang tamu, jadi nggak konsen aja ^^. Bayangkan pas asyik nulis kayak gini, ada orang sekampung cekakakan di ruang tamu.
Udah ah...dari tadi ada aja gangguannya. Soal kendhangnya, begini ceritanya.....






**FLASHBACK-------





(aku imut ya....^^ *dikpelak)

Kejadian itu terjadi ketika aku masih belia banget. Masih lugu, innocent, bukan tukang tipu, nggak suka ngutang dan lainnya. Pokoknya masih kayak anak2 setengah balita gitu. Yah, wajar aja, wong masih umur 3 atau 4 tahunan gitu. Sek chilik lah pokok’e. Sek IMUT punya (maklum penulisnya lagi narsis mode) lagi mengenang masa lalu itu indah loh!^^. Nah, selanjutnya. Wkatu itu sih aku lagi main di sawah yang baru dibajak depan rumah kayaknya. Kan lumpurnya masih banyak tuh, so pasti ini kaki udah kayak kaki orang negro setengah yetti. Udah nggak bentuk kaki manusia dan dipenuhi lumpur sampai sedengkul. Pasti selain kaki, awalnya sandal juga ikut kotor kan??? Jelas pastinya cz sandal jepit biru sudah bertransformasi menjadi hitam legam di lumpur. Sekitar jam 10.00 an, Aku mau mbalik mau ambil jajan soalnya. Terus tak jinjing aja sepasang sandal terus jalan dengan santai. Nah, pas nyampe ditengah-tengah jembatan.
Entah kenapa ada magnet di dalam air sungai yang menarik aku untuk main ciprat-ciprat. Waktu itu sungai masih jadul, ‘MASIH BERSIH’, masih ada baling-baling and tingginya airnya masih 15 meter. Kebayang pas aku masih jibud tingginya seberapa and air sungainya seberapa?! Dengan sotoynya aku dengan berani menuju ke arah tangga bawah ke sungai. Niatnya sih mau nyuci sendal tapi kok pengen nyemplung...plung. Kan anak waras masih mau buka bajunya dulu, nah aku ini nggak. Langsung nyemplung, biar sekalian nggak mandi lagi (maklum dari kecil udah jarang mandi) terus pas di rumah langsung ganti.......polos atau bodoh banget aku waktu itu. Tapi bodohnya, tetep aja nyemplung and terus nurnin tangga, sampai aku udah ngerasa. Air udah sampai seleherku. Kalau aku turun satu tangga lagi. Mungkin sudah samapai kepala kelelep. Pikirnya mungkin karena kebanyakan nonton film anjing di TV yang lagi hit. Kan ada adegan, ada anjing kok cek cepete bisa renang, padahal nggak pernah di ajari. Yang ada di pikiranku mungkin itu. Moron banget aku, you know what?? I’m still taking a step........Then I realize I’m so dead that time.....
Kuminum aja terus air sungai and voilla... gendut sesaat sih iya tapi yang bisa aku ingat sedikit-sedikit, aku udah berbadan dan bibir membiru. Paru-paruku udah penuh sama air. Sakit rasanya.........sakitnya bisa aku rasakan sampai sekarang loh. And parahnya lagi aku selalu diingatkan sama saudara and para tetuah kalau aku hampir mati di sungai itu. Kata pakdhe, aku terus dikejar sama orang-orang sekampung. Sampai badanku nyangkut di baling-baling sungai dan terus terbawa arus sungai samapai sejauh 1 KILOMETER. Terus karena kebetulan ada petani baik hati yang waktu itu nggak sengaja liat badanku ngapung. Kebetulan beliau sekarang sudah wafat (yang nolong aku maksudnya...) Untung aja paknya pas kebetulan nyuci kaki+cangkulnya and shock pas liat anak kecil pake kaos ungu ngapung nggak jelas di sungai. Gilanya....kalau nggak cepat ditolong. Mungkin badanku udah tercabik-cabik turbin di bendungan sungai......................................................................... .................................................................................................................................................................Coba aja kalau zaman itu udah ada perekam, terus ada yang nyooting. Mungkin aku masuk berita paling hot di sana....Hehe
Kemudian, aku sempet koma 3 hari waktu air sungai dalam paru-paru disedot secara bertahap. Oh ya....waktu itu langsung aja aku di bawa ke Jember dengan super kilat 1 perjalanan...yang biasanya ngambil 2 – 3 hari perjalanan. Pada intinya sih memori terkahirku pas di sungai ya....itu......pas nyuci sandal. Kalau pas sadarnya, kaykanya pas aku bangun tidur di kamar sambil meluk guling snoopy. Innocent banget kan?? Pokoknya aku baru sadar kalau aku pernah kinthir pas aku 2 tahun depannya ulang tahun. Agak gimana gitu pas nyeritain ini. Cz aku selalu kepikiran, bagaimana ceritanya kalau aku nggak bernafas di dunia ini kalau saat itu aku udah nggak ada? Nyaris mati di sungai lah..................==’
Mungkin ini cerita agak creepy yang pernah aku buat. Ini ceritaku yang NYATA. Kaos ungu dalmationnya masih ada aku simpan and bau sungai masih bisa aku rasa tiap kali aku nyentuh serat kainnya. Makanya sengaja aku bikin cuma 2 halaman di word. Nggak usah panjang lebar pun kalian pasti tau maksudku. Makanya kalau nanti udah punya anak. Jangan samapai naka kalian kendhang di sungai. Ajari renang sejak kecil lah......nggak kayak akau....sampai sekrang pun aku tetep aja nggak bisa renang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar